Handrianto, Handrianto
(2021)
Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PDTM di SMK Negeri 2 Sawahlunto.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Berdasarkan survei penelitian peneliti, terlihat bahwa dalam proses pembelajaran banyak siswa yang kurang serius dalam pembelajaran.penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Blended Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dimana peneliti bertindak sebagai guru yang melakukan tindakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus–Semptember 2021. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing –masing terdiri dari dua kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi tes untuk melihat perubahan kreativitas belajar siswa setiap siklusnya dan lembaran post test untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil pengamatan data yang diperoleh, persentase kreativitas belajar siswa pada siklus I sebesar 60,03%, meningkat di siklus II menjadi 80,2% dengan kategori tercapai. Peningkatan hasil belajar juga terjadi peningkatan, siklus I klasikal yang didapat sebesar 66,6%, dan pada siklus II meningkat sebesar 84,3% yang dikategorikan tercapai. Dilihat dari hasil pengamatan yang dilakukan sebelum tindakan, permasalahan yang ditemukan sesuai dengan pengamatan peneliti ketika PLK kurangnya minat belajar dan hasil belajar siswa yang belum tercapai KKM, untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mencoba pengenalan model pembelajaran Blended Learning. Deng n harapan bisa dijadikan acuan dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar untuk mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM) di kelas X TPM SMK Negeri 1 Sawahlunto. Sehingga dapat diartikan dengan menerapkan model pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |