Komparasi Keberhasilan Belajar Siswa antara yang Menggunakan Metode Problem Solving dengan Resitasi pada Pembelajaran Humas dan Keprotokolan di SMKN 3 Padang

Wulandari, Utari (2022) Komparasi Keberhasilan Belajar Siswa antara yang Menggunakan Metode Problem Solving dengan Resitasi pada Pembelajaran Humas dan Keprotokolan di SMKN 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_Utari_Wulandari_17053074_398_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat keberhasilan belajar siswa antara yang menggunakan metode Problem Solving dengan metode Resitasi pada pembelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 3 Padang. Pendekatan penelitian ini adalah pedekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 61 orang siswa SMK Negeri 3 Padang. Instrument yang digunakan berupa soal test dengan melakukan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Tingkat Kesukaran Soal, dan Uji Daya Pembeda Soal. Teknik analisis Sebelum melakukan analisis data dilakukan analisis deskriptif, Uji Prasyarat Analisis yaitu Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Kemudian dilakukan Uji N-Gain Score, Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon dan Uji Mann Whitney. Pengolahan data menggunakan SPSS Versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai N-Gain Score diperoleh sebesar 0,27, G < 0,3 (Kategori rendah). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Problem Solving dengan nilai signifikan 0,002 < 0,005 maka ditolak. (2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Resitasi dengan nilai signifikan 0,399 > 0,05 maka diterima. (3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode Problem Solving dengan metode Resitasi dengan nilai signifikan 0,435 maka diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi guru untuk menerapkan metode Problem Solving dalam proses pembelajaran. Untuk metode resitasi sebaiknya lebih disesuaikan dengan kondisi dan gaya belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorCerya, EfniUNSPECIFIED
CorrectorArmida, ArmidaUNSPECIFIED
CorrectorSyamwil, SyamwilUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:15
Last Modified: 06 Jan 2023 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41463

Actions (login required)

View Item View Item