Pengaruh Mekanisme Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Kualitas Laba sebagai Variabel Mediasi (Studi Empiris pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020).

Putri, Nilam Eka (2022) Pengaruh Mekanisme Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Kualitas Laba sebagai Variabel Mediasi (Studi Empiris pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_NILAM_EKA_PUTRI_17043077_4709_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Untuk meningkatkan nilai perusahaan dapat menciptakan konflik antara manajemen dan pemangku kepentingan. Maka faktor-faktor tertentu diperlukan untuk mengelola perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung mekanisme corporate governance (kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional) terhadap nilai perusahaan dan pengaruh tidak langsung melalui kualitas laba sebagai variabel mediasi. Sampel yang digunakan adalah 10 perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2020. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SEM-PLS untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh secara langsung terhadap kualitas laba. Dan tidak terdapat pengaruh antara kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan kualitas laba terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kualitas laba sebagai variabel mediasi tidak mampu memediasi hubungan antara kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMulyani, ErlyUNSPECIFIED
CorrectorSebrina, NurziUNSPECIFIED
CorrectorTaqwa, SalmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KUALITAS LABA; NILAI PERUSAHAAN; KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL; KEPEMILIKAN MANAJERIAL
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Dec 2022 02:27
Last Modified: 22 Dec 2022 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41333

Actions (login required)

View Item View Item