Studi Kualitatif Penggunaan Qris (Quick Response Indonesian Standard) Dalam Pemungutan Zis Zakat Infaq dan Shadaqah Pada Masjid-Masjid di Kota Padang.

Rizaldi, Gilang (2022) Studi Kualitatif Penggunaan Qris (Quick Response Indonesian Standard) Dalam Pemungutan Zis Zakat Infaq dan Shadaqah Pada Masjid-Masjid di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_GILANG_RIZALDI_15043078_5550_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penggunaan sistem Indonesian Quick Response Code sebagai sarana untuk mempermudah kegiatan pengumpulan zakat, infak, dan sedekah pada beberapa masjid di kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini adalah sistem pembayaran Indonesian Quick Response Code, sedangkan subjek penelitiannya adalah dewan kesejahteraan masjid atau bendahara umum masjid yang berperan penting dalam implementasi sistem pembayaran Indonesian Quick Response Code. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara dan metode dokumentasi. Berdasarkan data penelitian, efektivitas dasar penggunaan Indonesian Quick Response Code dalam pengumpulan zakat, infak, dan sedekah dinilai berdasarkan penerapan teori pemangku kepentingan dan teori manajemen. Di sisi lain, kendala yang ditemukan dalam penelitian ini adalah sebagian jamaah masjid belum paham dan terbiasa mengikuti perkembangan teknologi sehingga jamaah lebih nyaman menggunakan kotak infak dibandingkan dengan sistem Indonesian Quick Response Code. Keterbatasan penelitian ini adalah sampel penelitian hanya 5 masjid yang ada di Kota Padang, sehingga penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengambil sampel yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAgustin, HenriUNSPECIFIED
CorrectorSerly, VaniceUNSPECIFIED
CorrectorTaqwa, SalmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CASHLESS SOCIETY, E-MONEY, QRIS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:00
Last Modified: 21 Dec 2022 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41323

Actions (login required)

View Item View Item