Pembuatan Program Prototype Pengendalian Sistem Penerangan Bangunan dan Pendeteksian Kebocoran Gas Berbasis Internet of Things (IoT) Menggunakan ESP32

Novyaniza, Sherly (2022) Pembuatan Program Prototype Pengendalian Sistem Penerangan Bangunan dan Pendeteksian Kebocoran Gas Berbasis Internet of Things (IoT) Menggunakan ESP32. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SHERLY_NOVYANIZA_18066040_180_2022.pdf

Download (930kB) | Preview

Abstract

Proyek Akhir ini bertujuan untuk mengaplikasikan pengendalian sistem penerangan bangunan dan pendeteksian kebocoran gas berbasis internet of things meggunakan ESP32 yang dirancang dengan membuat perangkat keras serta perangkat lunak. Proses perancangan dan pembuatan sistem secara keseluruhan mengikuti beberapa tahap yaitu: 1) Perancangan sistem, 2) Pembuatan program berdasarkan rancangan untuk sebuah aplikasi yang bekerja untuk mengendalikan sistem penerangan bangunan dan pendeteksian kebocoran gas, mikrokontroler ESP32 berperan sebagai mikrokontroller atau pengendali system alat. Pada sistem uat menggunakan App Inventor Kodular menggunakan database Thinkspeak. Sistem penerangan bangunan dan sensor gas akan bekerja saat mikrokontroller ESP32 telah terkoneksi ke internet sehingga pengontrolan sistem penerangan dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi dan juga saat terdeteksi adanya kebocoran gas maka secara otomatis aplikasi akan mengirimkan notifikasi dan sirine yang menandakan telah terdeteksi adanya kebocoran gas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWahyuni, Titi SriUNSPECIFIED
CorrectorAlmasri, AlmasriUNSPECIFIED
CorrectorEdidas, EdidasUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:33
Last Modified: 21 Dec 2022 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41320

Actions (login required)

View Item View Item