Kemampuan Mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri dalam Memanfataan Aplikasi Zotero pada Karya Tulis Ilmiah

Fitri, Tri Olvy Hafiza (2022) Kemampuan Mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri dalam Memanfataan Aplikasi Zotero pada Karya Tulis Ilmiah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_TRI_OLVY_HAFIZA_FITRI_18234036_4529_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adakah terdapat kemampuan mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang dalam memanfaatkan aplikasi Zotero pada karya tulis ilmiah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design, terdapat satu kelompok yang digunakan untuk penelitian dengan membandingkan keadaan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) diberi perlakuan (trestment). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi angkatan 2019 yang berjumlah 96 mahasiswa dan jumlah sampel sebanyak 49 Mahasiswa. Pengambilan sampel ditemtukan Simple Random Sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan rumus hitung uji T. Hasil dari penelitian ini bahwa didapatkan uji T hipotesis alternatif (H 1 ) diterima dan H 0 ditolak pada taraf signifikansi 95% dan dk =96 karena t hitung > t tabel (5,30>1,66). Dengan kata lain penggunan aplikasi zatero berpengaruh pada karya tulis ilmiah mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi UNP. Hal tersebut juga terlihat dari selisih nilai rata-rata pretest sebesar 73,20 dan posttest 84,92 (84,92>73,20).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorNabila, JeihanUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, Mohd.UNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:19
Last Modified: 20 Dec 2022 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41310

Actions (login required)

View Item View Item