Pelaksanaan Pembelajaran Alat Musik Sederhana SMP Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang

Gaol, Rista Maria Br Lumban (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Alat Musik Sederhana SMP Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Rista_Maria_Br_Lumban_Gaol_18232056_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni budaya pada materi Memainkan Alat Musik Sederhana. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan cara mengamati pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru seni budaya di kelas VII. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka melalui buku perpustakaan, jurnal dan sumber lainnya. Kedua observasi berupa pengamatan peristiwa yang terjadi di lokasi penelitian. Ketiga wawancara guru seni budaya yang mengajar. Keempat dokumentasi yaitu foto pelaksanaan pembelajaran, dan data-data yang diperlukan di sekolah. Analisis data dilakukan dengan mengklasifikasikan data primer dan sekunder kemudian disusun secara sistematis terakhir ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran memainkan alat musik sederhana tidak berjalan dengan baik. Pada perencanaan pembelajaran guru mengambil RPP yang sejalan dengan buku paket siswa. Adapun rancangan materi, media, dan metode yang digunakan telah disusun dengan baik. Guru sudah menyampaikan materi dengan baik dengan metode ceramah, serta mengkondisikan agar siswa berperan aktif dalam kegiatan tanya jawab. Namun, hasil ulangan harian siswa masih ada yang berada dibawah KKM (80). Pada praktik khususnya pada demonstrasi, fasilitas alat musik yang tersedia sudah lengkap, namun guru tidak menyesuaikan dengan RPP yang membuat siswa mengenal teknik memainkan alat musik recorder namun dalam pengambilan nilai keterampilan/ praktik justru diperkenalkan dengan alat musik baru yaitu talempong dan gendang. Hasil perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di atas kemudian dianalis dengan mempertimbangkan kriteria penilaian hasil belajar siswa melalui kegiatan evaluasi. Berdasarkan kriteria penilaian tersebut disimpulkan bahwa siswa kurang dalam persiapan ujian, dan kurang memahami materi pembelajaran. Penilaian praktik berdasarkan kriteria kurang matang dan objektif karena kurangnya demonstrasi dan bimbingan dari guru. Penyebab terakhir adalah kurang bervariasinya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyeilendra, SyeilendraUNSPECIFIED
CorrectorHadi, HarisnalUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, Hengki ArmezUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:57
Last Modified: 15 Dec 2022 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41280

Actions (login required)

View Item View Item