Gaol, Rista Maria Br Lumban
(2022)
Pelaksanaan Pembelajaran Alat Musik
Sederhana SMP Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
seni budaya pada materi Memainkan Alat Musik Sederhana. Jenis penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan cara mengamati pelaksanaan
pembelajaran yang dilakukan oleh guru seni budaya di kelas VII. Teknik
pengumpulan data melalui studi pustaka melalui buku perpustakaan, jurnal dan
sumber lainnya. Kedua observasi berupa pengamatan peristiwa yang terjadi di
lokasi penelitian. Ketiga wawancara guru seni budaya yang mengajar. Keempat
dokumentasi yaitu foto pelaksanaan pembelajaran, dan data-data yang diperlukan
di sekolah. Analisis data dilakukan dengan mengklasifikasikan data primer dan
sekunder kemudian disusun secara sistematis terakhir ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran
memainkan alat musik sederhana tidak berjalan dengan baik. Pada perencanaan
pembelajaran guru mengambil RPP yang sejalan dengan buku paket siswa.
Adapun rancangan materi, media, dan metode yang digunakan telah disusun
dengan baik. Guru sudah menyampaikan materi dengan baik dengan metode
ceramah, serta mengkondisikan agar siswa berperan aktif dalam kegiatan tanya
jawab. Namun, hasil ulangan harian siswa masih ada yang berada dibawah KKM
(80). Pada praktik khususnya pada demonstrasi, fasilitas alat musik yang tersedia
sudah lengkap, namun guru tidak menyesuaikan dengan RPP yang membuat
siswa mengenal teknik memainkan alat musik recorder namun dalam
pengambilan nilai keterampilan/ praktik justru diperkenalkan dengan alat musik
baru yaitu talempong dan gendang. Hasil perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran di atas kemudian dianalis dengan mempertimbangkan kriteria
penilaian hasil belajar siswa melalui kegiatan evaluasi. Berdasarkan kriteria
penilaian tersebut disimpulkan bahwa siswa kurang dalam persiapan ujian, dan
kurang memahami materi pembelajaran. Penilaian praktik berdasarkan kriteria
kurang matang dan objektif karena kurangnya demonstrasi dan bimbingan dari
guru. Penyebab terakhir adalah kurang bervariasinya media pembelajaran untuk
meningkatkan minat belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |