Persepsi Siswa tentang Peran Personalia Sekolah dalam Pengembangan Nilai-nilai Karakter Siswa

Salsabila, Zandia (2022) Persepsi Siswa tentang Peran Personalia Sekolah dalam Pengembangan Nilai-nilai Karakter Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ZANDIA_SALSABILA_18006351_4365_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena terdapat beberapa siswa yang cenderung memiliki karakter yang negatif pada lingkungan sekolah. Seperti malas melaksanakan sholat berjamaah di sekolah, pada saat ujian mereka dengan mudah saling menukar jawaban dengan teman, sering membully siswa lain yang dianggap lemah, berpakaian yang tidak sesuai dengan peraturan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang peran personalia sekolah dalam pengembangan nilai-nilai karakter iman taqwa, kejujuran, kecerdasan, kepedulian, ketangguhan siswa dan implikasi dalam layanan bimbingan dan konseling Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMAN 3 Bukittinggi sampel penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling dengan mengambil sampel siswa SMAN 3 Bukittinggi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 293 orang siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Persepsi siswa tentang peran personalia sekolah sesuai dengan tujuan, dalam pembentukan karakter iman dan taqwa siswa SMAN 3 Bukittinggi pada umumnya berada pada kategori baik, (2) Persepsi siswa tentang peran personalia sekolah sesuai dengan tujuan, dalam pembentukan karakter jujur siswa SMAN 3 Bukittinggi pada umumnya berada pada kategori sangat baik, (3) Persepsi siswa tentang peran personalia sekolah sesuai dengan tujuan, dalam pembentukan karakter cerdas siswa SMAN 3 Bukittinggi pada umumnya berada pada kategori sangat baik, (4) Persepsi siswa tentang peran personalia sekolah sesuai dengan tujuan, dalam pembentukan karakter tangguh siswa SMAN 3 Bukittinggi pada umum berada pada kategori sangat baik, (5) Persepsi siswa tentang peran personalia sekolah sesuai dengan tujuan, dalam pembentukan karakter peduli siswa SMAN 3 Bukittinggi pada umum berada pada kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMudjiran, MudjiranUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorAdri, ZadrianUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:14
Last Modified: 13 Dec 2022 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41242

Actions (login required)

View Item View Item