Salsabila, Zandia
(2022)
Persepsi Siswa tentang Peran Personalia Sekolah
dalam Pengembangan Nilai-nilai Karakter Siswa.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena terdapat beberapa siswa
yang cenderung memiliki karakter yang negatif pada lingkungan sekolah. Seperti
malas melaksanakan sholat berjamaah di sekolah, pada saat ujian mereka dengan
mudah saling menukar jawaban dengan teman, sering membully siswa lain yang
dianggap lemah, berpakaian yang tidak sesuai dengan peraturan. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang peran personalia sekolah
dalam pengembangan nilai-nilai karakter iman taqwa, kejujuran, kecerdasan,
kepedulian, ketangguhan siswa dan implikasi dalam layanan bimbingan dan
konseling
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMAN 3 Bukittinggi sampel
penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling dengan mengambil
sampel siswa SMAN 3 Bukittinggi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah
293 orang siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis
deskriptif
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Persepsi siswa tentang peran
personalia sekolah sesuai dengan tujuan, dalam pembentukan karakter iman dan
taqwa siswa SMAN 3 Bukittinggi pada umumnya berada pada kategori baik, (2)
Persepsi siswa tentang peran personalia sekolah sesuai dengan tujuan, dalam
pembentukan karakter jujur siswa SMAN 3 Bukittinggi pada umumnya berada
pada kategori sangat baik, (3) Persepsi siswa tentang peran personalia sekolah
sesuai dengan tujuan, dalam pembentukan karakter cerdas siswa SMAN 3
Bukittinggi pada umumnya berada pada kategori sangat baik, (4) Persepsi siswa
tentang peran personalia sekolah sesuai dengan tujuan, dalam pembentukan
karakter tangguh siswa SMAN 3 Bukittinggi pada umum berada pada kategori
sangat baik, (5) Persepsi siswa tentang peran personalia sekolah sesuai dengan
tujuan, dalam pembentukan karakter peduli siswa SMAN 3 Bukittinggi pada
umum berada pada kategori sangat baik.
Actions (login required)
|
View Item |