Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Volume Kubus dan Balok Kelas V Sekolah Dasar

Hasna., Warisatul (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Volume Kubus dan Balok Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_WARISATUL_HASNA_18129146_4198_2022.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran volume kubus dan balok. Hal ini disebabkan belum adanya penggunaan model pembelajaran yang inovatif yang dapat membuat peserta didik saling membantu membangun pengetahuan sehingga dapat mengembangkan kemampuan individual peserta didik saat berdiskusi dalam kelompoknya. Salah satu model yang dapat digunakan adalah Cooperative Learning Tipe Team Asisted Individualization (TAI). Model Team Asisted Individualization (TAI) merupakan model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik terlibat aktif dan bekerja sama dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning Tipe Team Asisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Volume Kubus dan Balok. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design penelitian quasi eksperimental design tipe nonequivalent control design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Terpilih dua kelas sampel yang masing-masing dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran yang dibandingkan adalah pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Team Asisted Indiviudalization (TAI) dengan pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji N-Gain. Didapatkan hasil t hitung = 5,17 dan t table = 2.074, sehingga t hitung > t tabel , maka H 0 ditolak dan H 1 diterima. Untuk Uji N-Gainpada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 0,73 dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol dengan rata-rata 0,43 dengan kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Asisted Indiviudalization (TAI) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa materi volume kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorLena, Mai SriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:07
Last Modified: 13 Dec 2022 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41240

Actions (login required)

View Item View Item