Efektivitas Metode Silaba dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Siswa Disleksia Kelas III di SDN 17 Jawa Gadut Padang

Fiani, Meilina (2022) Efektivitas Metode Silaba dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Siswa Disleksia Kelas III di SDN 17 Jawa Gadut Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_MEILINA_FIANI_18003142_4320_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca yang dimiliki seseorang sangat penting dalam dunia pendidikan, karena kemampuan membaca sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, pembelajaran mengenai membaca yang diawali dengan membaca permulaan harus di ajarkan kepada setiap siswa sejak dini. Namun tidak semua siswa dapat dengan mudah membaca, salah satu siswa disleksia. Disleksia merupakan suatu gangguan yang berpusat pada system saraf kemudian mengalami kesulitan dalam hal membaca, menulis, mengeja, atau dapat dikatakan kesulitan dalam mengenali huruf-huruf. Oleh karena itu, dalam mengajarkan membaca bagi siswa disleksia dibutuhkan sebuah metode pengajaran yang tepat salah, satunya metode silaba. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang siswa disleksia kelas III SDN 17 Jawa Gadut Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes sebanyak 50 soal. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data secara visual dengan memaparkan grafik data. hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa disleksia kelas III meningkat setelah menggunakanmetode silaba. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan siswa disleksi dalam memahami kemampuan membaca permulaan dari kondisi baseline pertama ke kondisi setelah diberikan intervensi. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami waktu siswa disleksia kelas III meningkat menggunakan metode silaba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorMartias, ZUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:19
Last Modified: 09 Dec 2022 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41224

Actions (login required)

View Item View Item