Kontribusi Cara Belajar dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Merakit Personal Komputer Kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 6 Padang

Putra, Rudi Khaizar (2022) Kontribusi Cara Belajar dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Merakit Personal Komputer Kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_RUDI_KHAIZAR_PUTRA_14076017_1538_2022.pdf

Download (609kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran merakit personal computer kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 6 Padang, dimana48,84% siswa mendapatkan nilai hasil belajar di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkansekolah pada mata pelajaran merakit personal computer yaitu 75 dengan rentang nilai 0 – 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kontribusi cara belajar dan media pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran merakit personal computer kelas X teknik computer jaringan di SMK Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 42 orang siswa dan sampel berjumlah 30 orang siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 6 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (porposional random sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran merakit personal computer SMK Negeri 6 Padang. Sedangkan data cara belajar dan media pembelajaran dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistic dengan bantuan software Microsoft Excel 2010 SPSS Version16. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Berdasarkan uji menunjukkan bahwa data yang digunakan tidak terdapat korelasi antar variabel dan memiliki sebaran data; (2) Uji regresi berganda mendapatkan hasil persamaan Y = 4,344 + 0,040X1 – 0,052X2 yang mana artinya terdapat hubungan positif antara cara belajar dengan hasil dengan jika menambahkan 1% cara belajar maka hasil belaja rmeningkat 0,040%. Sedangkan berbanding terbalik dengan media belajar, dimana media belajar memiliki hubungan yang negative dimana jika media belajar ditambahkan 1% maka hasil belajar berkurang 0,052%; (3) Uji anova menunjukkan bahwa cara belajar dan media belajar secara bersamaan dan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (P>0,05); (4) Cara belajar dan media belajar hanya menyumbang 1,1% terhadap hasil belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa Cara belajar dan Media Pembelajaran berkontribusi terhadap hasil belajar, semakin baik cara belajar siswa dalam proses belajar dan semakin baik penggunaan media pembelajaran, maka hasil belajar akan semakin baik, namun tetap perlunya perhatian dari seluruh elemen terhadap penggunaan media terutama internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSlamet, LegimanUNSPECIFIED
CorrectorIrfan, DedyUNSPECIFIED
CorrectorEdidas, EdidasUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 08 Dec 2022 04:03
Last Modified: 08 Dec 2022 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41220

Actions (login required)

View Item View Item