Pengaruh Indeks Pendidikan, Indeks Kesehatan Masyarakat dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2013-2019

Ramadhani, Dwi Putri (2022) Pengaruh Indeks Pendidikan, Indeks Kesehatan Masyarakat dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2013-2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_DWI_PUTRI_RAMADHANI_17053047_2286_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas indeks pendidikan, indeks kesehatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi terhadap variabel terikat indeks pembangunan manusia kabupaten/ kota di Provinsi Sumatera Barat tahun 2013-2019 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang di peroleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series dan cross section yang biasa disebut dengan data panel dan menggunakan alat olah data Eviews 9. Metode analisis data panel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Chow, Uji Hausmant, Uji Simultan (Uji F), Uji Parsial (Uji t) dan Koefisien Determinasi (R2 ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Secara parsial (Uji t) indeks pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia. Selanjutnya indeks kesehatan masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif terhadap indeks pembangunan manusia kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat tahun 2013-2019. (2) Secara simultan (Uji F), pengaruh secara bersama-sama bahwa indeks pendidikan, indeks kesehatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap indeks pembangunan manusia kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat tahun 2013-2019. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemerintah untuk mengambil keputusan dan mengevaluasi kebijakan dalam meningkatkan kualitas hidup penduduk kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat melalui indeks pembangunan manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSiwi, Menik KurniaUNSPECIFIED
CorrectorYulhendri, YulhendriUNSPECIFIED
CorrectorSyamwil, SyamwilUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Dec 2022 01:56
Last Modified: 05 Dec 2022 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41189

Actions (login required)

View Item View Item