Hubungan Pembelajaran Mandiri dengan Minat Belajar Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Gunung Talang pada Masa Pandemi Covid-19

Affandi, Achmad (2022) Hubungan Pembelajaran Mandiri dengan Minat Belajar Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Gunung Talang pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Achmad_Affandi_17058098_4500_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe ex post facto. Hal ini terkait dengan pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di kelas XI SMAN 1 Gunung Talang. Pendekatan kuantitatif dipilih sebagai pendekatan karena penelitian difokuskan pada bagaimana melakukan kegiatannya untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa yang terlibat dalam pelaksanaan pembelajaran online di kelas XI IPS 1 sampai IPS 5 pada semester Juli-Desember 2021. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang akan peneliti gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kemandirian belajar dengan minat belajar pada siswa kelas XI IPS SMA 1 Gunung Talang Tahun Pelajaran 2021/2022 yang dapat dilihat dari uji reliabilitas Cronbach's Alpha, hasil uji reliabilitas dari variabel bebas belajar diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,713 maka reliabilitas alat ukurnya baik, sedangkan untuk variabel minat belajar nilai reliabilitasnya sebesar 0,705 maka reliabilitasnya baik. Kedua variabel tersebut memiliki reliabilitas yang baik, artinya item-item tersebut sangat reliabel sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSylvia, IkeUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Eka VidyaUNSPECIFIED
CorrectorNora AN, DesriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Nov 2022 08:20
Last Modified: 30 Nov 2022 08:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41160

Actions (login required)

View Item View Item