Affandi, Achmad
(2022)
Hubungan Pembelajaran Mandiri dengan Minat
Belajar Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Gunung Talang pada Masa
Pandemi Covid-19.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe ex post facto. Hal
ini terkait dengan pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di
kelas XI SMAN 1 Gunung Talang. Pendekatan kuantitatif dipilih sebagai
pendekatan karena penelitian difokuskan pada bagaimana melakukan kegiatannya
untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Populasi yang diambil dalam penelitian
ini adalah siswa yang terlibat dalam pelaksanaan pembelajaran online di kelas XI
IPS 1 sampai IPS 5 pada semester Juli-Desember 2021. Teknik pengumpulan data
yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner.
Teknik analisis data yang akan peneliti gunakan dalam penelitian ini
menggunakan metode analisis data statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kemandirian
belajar dengan minat belajar pada siswa kelas XI IPS SMA 1 Gunung Talang
Tahun Pelajaran 2021/2022 yang dapat dilihat dari uji reliabilitas Cronbach's
Alpha, hasil uji reliabilitas dari variabel bebas belajar diperoleh nilai reliabilitas
sebesar 0,713 maka reliabilitas alat ukurnya baik, sedangkan untuk variabel minat
belajar nilai reliabilitasnya sebesar 0,705 maka reliabilitasnya baik. Kedua
variabel tersebut memiliki reliabilitas yang baik, artinya item-item tersebut sangat
reliabel sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini.
Actions (login required)
|
View Item |