Pengembangan Booklet Terintegrasi Potensi Lokal Kawasan Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan pada Materi Animalia Kelas X SMA

Aulia, Silvira (2022) Pengembangan Booklet Terintegrasi Potensi Lokal Kawasan Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan pada Materi Animalia Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Silvira_Aiulia_18031049_4545_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi yaitu pembelajaran yang tidak hanya dapat dipelajari secara tekstual, namun juga dapat dikaitkan secara kontekstual. Pembelajaran kontekstual dapat memotivasi peserta didik lebih aktif dan belajar dapat lebih bermakna, karena pembelajaran yang kontekstual berasal dari peserta didik tersebut. Guru sebagai fasilitator harus dapat melakukan inovasi pada bahan ajar dalam proses pembelajaran. Pengembangan bahan ajar berupa booklet terintegrasi potensi lokal Kawasan Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan pada materi animalia kelas X SMA merupakan suatu upaya dalam memaksimalkan pembelajaran biologi di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan booklet terintegrasi potensi lokal Kawasan Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan pada materi animalia kelas X SMA yang valid dan terbaca dengan baik. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahapan yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Karena keterbatasan waktu penelitian ini hanya dilakukan sampai empat tahapan terhadap uji validitas dan uji keterbacaan. Subjek penelitian ini dua orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP, dua guru biologi dan 29 peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Linggo Sari Baganti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan wawancara, lembar validasi dan lembar keterbacaan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu statistic deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh booklet terintegrasi potensi lokal ditinjau dari uji validitas yaitu valid dengan nilai 86,26%. Sedangkan uji keterbacaan booklet terintegrasi potensi lokal, didapatkan hasil terbaca sangat baik dengan nilai 91,07% oleh guru dan oleh peserta didik dengan nilai 94,82%. Dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan Booklet Terintegrasi Potensi Lokal Kawasan Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan pada Materi Animalia Kelas X SMA yang valid dan terbaca dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDArsih, FitriUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDAlberida, HeffiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:45
Last Modified: 22 Nov 2022 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41118

Actions (login required)

View Item View Item