Desain Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Karakteristik Gelombang Mekanik

Indriyani, Ririn (2022) Desain Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Karakteristik Gelombang Mekanik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Ririn_Indriyani_18033040_4408_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 adalah upaya pemerintah untuk mendorong siswa memiliki pemahaman konsep. Faktanya, berdasarkan penelitian pendahuluan (preliminary research) diperoleh permasalahan pemahaman konsep siswa pada materi karakteristik gelombang mekanik masih rendah dan terjadi miskonsepsi pada siswa. Salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan mengembangkan multimedia interaktif berbasis konflik kognitif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik dan menganalisis validitas multimedia interaktif berbasis konflik kognitif pada materi karakteristik gelombang mekanik. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian pengembangan (design research) dengan menggunakan model Plomp. Prosedure penelitian terdiri dari tahap penelitian pendahuluan (Preliminary Research) dan tahap pengembangan (development/prototyping phase).Tahap pengembangan (development/prototyping phase) dibatasai sampai tahap expert review. Instrumen pengumpulan data dari penelitian ini adalah lembar angket pendidik, lembar studi literature, lembar angket self evaluation dan lembar uji validitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk validasi produk adalah teknik V Aiken. Pada tahap Develop / Prototyping Phase telah didesain multimedia interaktif yang disusun berdasarkan sintak model pembelajaran konflik kognitif. Hasil self evaluation diperoleh dengan kriteria sangat valid. Hasil uji validitas diperoleh rata rata 0,77 dengan kategori valid. Oleh karena itu, dapat dilakukan tahap praktikalitas dan efektifitas pada multimedia interaktif sehingga dapat dijadikan sebagai bahan ajar berbasisi IT dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi karakteristik gelombang mekanik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:45
Last Modified: 22 Nov 2022 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41115

Actions (login required)

View Item View Item