Strategi Bertutur dalam Tindak Tutur Ekspresif Bahasa Indonesia Siswa SMP di Kota Padang

Oktavia, Wita (2022) Strategi Bertutur dalam Tindak Tutur Ekspresif Bahasa Indonesia Siswa SMP di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_WITA_OKTAVIA_20174038_3156_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan strategi bertutur yang digunakan dalam tindak tutur mengucapkan terima kasih dan mengkritik dalam bahasa Indonesia siswa SMP di Kota Padang dan (2) menjelaskan konteks penggunaan strategi bertutur dalam tindak tutur mengucapkan terima kasih dan mengkritik dalam bahasa Indonesia siswa SMP di Kota Padang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian campuran, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini adalah data kualitatif berupa tuturan yang digunakan siswa yang menunjukkan adanya strategi bertutur dalam tindak tutur mengucapkan terima kasih dan mengkritik pada saat proses pembelajaran bahasa Indonesia berlangsung dan data kuantitatif berupa frekuensi kemunculan strategi bertutur yang digunakan. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII5 (unggul), VII7 (sedang), VII8 (rendah) SMP Negeri 25 Padang, siswa kelas VII A (unggul), VII E (sedang), VII H (rendah) SMP Negeri 30 Padang, dan siswa kelas VII1 (unggul), VII2 (sedang), VII4 (rendah) SMP Negeri 35 Padang. Instrumen penelitian berupa gawai, alat tulis, dan lembar pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah teknik simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Pengabsahan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data penelitian ini berlandaskan pada teknik interaktif yang dikemukakan Miles & Huberman, serta digunakan juga statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bertutur dalam tindak tutur mengucapkan terima kasih, yaitu (1) bertutur terus terang tanpa basa-basi sebanyak 70,14% (sedang) dan (2) bertutur samar-samar sebanyak 29,86% (sangat rendah). Selanjutnya, strategi bertutur dalam tindak tutur mengkritik, yaitu (1) bertutur terus terang tanpa basa-basi sebanyak 69,01% (sedang) (2) bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif sebanyak 12,16% (sangat rendah) (3) bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif sebanyak 11,78% (sangat rendah) dan (4) bertutur samar-samar sebanyak 7,05% (sangat rendah). Penggunaan strategi bertutur dalam tindak tutur mengucapkan terima kasih dan mengkritik dilihat dari konteksnya terdiri dari dua, yaitu (1) kedudukan petutur lebih tinggi, tidak akrab, dan topik tidak sensitif, (2) kedudukan petutur sama, akrab, dan topik tidak sensitif. Strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi dalam tindak tutur mengucapkan terima kasih dan mengkritik dapat berdampak atau mengakibatkan makna tindak tutur terasa santun dengan konteks masalah yang dibicarakan tidak sensitif dan dalam suasana akrab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TINDAK TUTUR EKSPRESIF
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:38
Last Modified: 18 Nov 2022 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41070

Actions (login required)

View Item View Item