Analisis Diksi dan Struktur Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya

Nurmadiah, Ira (2022) Analisis Diksi dan Struktur Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Ira_Nurmadiah_18016022_4378_2022.pdf

Download (758kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan diksi teks prosedur siswa kelas VII SMP N egeri 3 Koto Barn Kabupaten Dharmasraya. Kedua, mendeskripsikan strnktur teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 3 Koto Barn Kabupaten Dharmasraya. J enis penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah berupa strnktur dan kebahasaan teks prosedur siswa. Sumber data penelitian ini adalah teks prosedur siswa kelas VII SMP N egeri 3 Koto Barn Kabupaten Dhamasraya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui studi dokumentasi hasil tugas siswa yang berjumlah 20 teks. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Data dianalisis dengan cara mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, jika dilihat dari ketepatan diksi, siswa kelas VII SMP Negeri 3 Koto Barn Kabupaten Dharmasraya sudah mampu menguasai diksi.Hal ini dapat dibuktikan dari sebanyak 1.466 kata hanya terdapat 532 bentuk kesalahan dalam penggunaan diksi. Dari teks yang dianalisis kesalahan yang paling dominan yaitu salah dalam pembentukan kata, kata yang bersinonim, dan kesalahan dalam penggunaan EBI. Kedua, strnktur teks prosedur. Strnktur teks prosedur terdiri dari judul, tujuan, bahan dan alat, langkah-langkah, dan penutup. Dari 20 data penelitian semua teks prosedur memiliki judul. Selanjutnya, tujuan. Tujuan yang ditulis siswa secara umum cukup baik dalam menggunakan tujuan dalam membuat teks prosedur. Hal tersebut terbukti dari semua teks prosedur yang telah dianalisis ada 19 teks yang memiliki tujuan. Selanjutnya bahan dan alat, langkah-langkah, serta penutup. Semua teks prosedur siswa memiliki bahan dan alat, langkah-langkah, serta penutup. J adi, dapat disimpulkan diksi dalam teks prosedur siswa kelas VII SMP N egeri 3 Koto Barn Kabupaten Dharmasraya secara keselurnhan sudah cukup tepat dalam pembuatan teks prosedur, dan dari strnktur dalam teks prosedur siswa kelas VII SMP N egeri 3 Koto Barn Kabupaten Dharmasraya secara keselurnhan sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:00
Last Modified: 10 Nov 2022 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40996

Actions (login required)

View Item View Item