Tindak Tutur Ekspresi Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMPN 18 Padang

Yulia, Silta (2022) Tindak Tutur Ekspresi Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMPN 18 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SILTA_YULIA_18016185_3064_2022.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan apa saja bentuk tindak tutur ekspresif yang digunakan oleh guru bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar di kelas VII SMPN 18 Padang. Kedua, mendeskripsikan apa saja strategi bertutur guru bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar di kelas VII SMPN 18 Padang. Jenis penelitian ini Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat-kalimat bentuk dan strategi tindak tutur ekspresif guru bahasa Indonesia kelas VII SMPN 18 Padang dalam proses belajar mengajar. Sumber data penelitian ini adalah seluruh tuturan salah seorang guru bahasa Indonesia saat proses belajar mengajar dari awal sampai akhir pembelajaran. Data tersebut berupa rekaman yang akan ditranskripsikan ke dalam bentuk tulisan. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VII SMPN 18 Padang. Instrumen penelitian ini adalah penulis sendiri. Penelitian ini menggunakan alat bantu dalam pelaksanaannya berupa alat perekam (handphone) alat tulis, dan lembar pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi partisipasi pasif. Teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik traingulasi. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, bentuk tindak tutur ekspresif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMPN 18 Padang ada empat, (1) tindak tutur ekspresif mengkritik, (2) tindak tutur ekspresif memuji, (3) tindak tutur ekspresif menyalahkan, dan (4) tindak tutur ekspresif meminta maaf. Strategi bertutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMPN 18 Padang ada empat, (1) strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi, (2) strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif, (3) strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif, dan (4) strategi bertutur samar-samar. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat empat bentuk tindak tutur ekspresif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMPN 18 Padang, dan juga terdapat empat strategi bertutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMPN 18 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:12
Last Modified: 08 Nov 2022 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40937

Actions (login required)

View Item View Item