Tindak Tutur Direktif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 7 Kinali

Cahyaningrum, Ramadhani Wulan (2022) Tindak Tutur Direktif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 7 Kinali. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RAMADHANI_WULAN_CAHYANINGRUM_18016090_3396_2022.pdf

Download (542kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 7 Kinali. Kedua, mendeskripsikan strategi bertutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 7 Kinali. Ketiga, mendeskripsikan respons siswa terhadap tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 7 Kinali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tindak tutur direktif, strategi bertutur guru, dan dan respons siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 7 Kinali. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan alat bantu berupa alat perekam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC), rekam, dan catat. Teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, mentranskipkan data hasil rekaman berupa tindak tutur guru dari bentuk lisan ke dalam bentuk tulisan. Kedua, menginventarisasikan dan mengidentifikasikan tindak tutur direktif guru. Ketiga, mengklasifikasikan data berdasarkan bentuk tindak tutur direktif guru, strategi bertutur direktif guru, dan respons siswa terhadap tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Keempat, menganalisis data yang didapat berdasarkan bentuk, strategi bertutur guru, dan respons siswa terhadap tindak tutur guru. Kelima, menyimpulkan data berdasarkan pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan tiga hal. Pertama, terdapat lima bentuk tindak tutur direktif yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 7 Kinali, yaitu (1) tindak tutur direktif menyuruh, (2) tindak tutur direktif memohon, (3) tindak tutur direktif menyarankan, (4) tindak tutur direktif menuntut, dan (5) tindak tutur direktif menantang. Kedua, terdapat empat strategi bertutur yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 7 Kinali, yaitu (1) strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi, (2) strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif, (3) strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif, dan (4) strategi bertutur samar-samar. Ketiga, terdapat dua respons siswa terhadap tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 7 Kinali, yaitu respons verbal dan respons nonverbal. Kedua respons ini mendapatkan tanggapan secara positif maupun negatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:10
Last Modified: 08 Nov 2022 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40923

Actions (login required)

View Item View Item