Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung

Sihotang, Jesica (2022) Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_JESICA_SIHOTANG_18016160_3095_2022.pdf

Download (513kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Pertama, mendeskripsikan struktur teks laporan hasil observasi karya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung. Kedua, mendeskripsikan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi karya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi yang ditulis oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui studi dokumentasi. Teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Langkah-langkah penganalisisan data adalah reduksi data, penyajian data dan pengungkit data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pertama, struktur teks laporan hasil observasi yang ditulis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung ada tiga yaitu, definisi umum, deskripsi bagian, dan simpulan. Hal ini terbukti dari dua puluh empat teks laporan hasil observasi sudah memiliki struktur definisi umum dengan tepat, tiga teks tidak tepat. Dua puluh empat teks laporan hasil observasi siswa dengan deskripsi bagian secara tepat serta tiga teks laporan hasil observasi dengan deskripsi bagian yang tidak tepat. Dua puluh enam teks laporan hasil observasi sudah memiliki kesimpulan dengan tepat dan satu teks memiliki kesimpulan yang tidak tepat. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pada umumnya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung sudah dapat menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur teks yang telah ditentukan tetapi masih ada siswa yang menulis teks laporan hasil observasi belum sesuai dengan struktur yang telah ditentukan. Hal tersebut terlihat dari adanya struktur teks laporan hasil observasi yang ditulis siswa tidak tepat. Kedua, ciri kebahasaan yang terdapat pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung yaitu konjungsi, definisi umum, dan repetisi. Hal tersebut terbukti dari dua puluh enam teks yang telah menggunakan ketiga ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi secara lengkap dan satu teks belum menggunakan ciri kebahasaan dengan lengkap. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Enam Lingkung pada umumnya sudah dapat menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan ciri kebahasaan yang telah ditentukan. Namun, masih ada siswa yang menulis teks laporan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:09
Last Modified: 08 Nov 2022 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40912

Actions (login required)

View Item View Item