Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Teknik Pengelasan SMAW di SMK Negeri 2 Kota Sungai Penuh

Aryasandy, Nensy : (2022) Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Teknik Pengelasan SMAW di SMK Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Nensy_Aryasandy_18067095_4340_2022.pdf

Download (653kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak atau dorongan dari dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar sehingga dapat menentukan keberhasilan belajar. Rendahnya hasil beajar peserta didik terhadap mata pelajaran teknik pengelasan SMAW kelas XI TP 1 dan XI TP 2 di SMK Negeri 2 Kota Sungai Penuh ditandai dengan rendahnya hasil ujian MID semester 1 dan nilai praktek semester 1 yang terdapat beberapa peserta didik belim memnumi standar penilaian KKM yang diakibatkan kurangnya motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar peserta didik kelas XI TP-I dan XI TP-II Teknik Pengelasan SMAW di SMK Negeri 2 Kota Sungai Penuh sangat rendah. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan hubungan antar motivasi belaj ar pada hasil belajar teknik pengelasan SMAW di SMK Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Populasi penelitian ini berjumlah 39 peserta didik yang merupakan seluruh peserta didik kelas XI TP di SMK Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu 39 peserta didik kelas XI TP-I dan II dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total-sampling. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif yang bersifat korelasional dengan pengumpulan data secara instrumental berbentuk kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis yang dipakai ialah teknik pra analisis berupa uji normalitas dan uji linearitas, sedangkan uji hipotesis yang dipakai ialah teknik korelasi Produk Moment. Menurut hasil penelitian uji korelasi didapatkan nilai koefisien sebesar r 0,088 dengan taraf persentase 5% atau 0,05. Artinya, hubungan yang diberikan berdampak positif dan signifikan antara hasil belajar dan motivasi belajar. Ditunjukan semakin besar motivasi belajar peserta didik, maka akan semakin besar dampak hasil belajar peserta didik berikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:52
Last Modified: 07 Nov 2022 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40898

Actions (login required)

View Item View Item