Kontribusi Social Comparison dan Self Acceptance terhadap Self Esteem Siswa

Refnadi, Refnadi (2022) Kontribusi Social Comparison dan Self Acceptance terhadap Self Esteem Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_REFNADI_1651035_287_2022.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi digital secara langsung memberi dampak terhadap kehidupan siswa, disamping itu siswa tengah dihadapkan pada masa perkembangan dan pencarian jadi diri. Menyikapi hal tersebut penting pada siswa memiliki self esteem yang tinggi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi self esteem siswa, diantaranya social comparison dan self acceptance. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) social comparison, self acceptance dan self esteem siswa, (2) kontribusi social comparison terhadap self esteem siswa, (3) kontribusi self acceptance terhadap self esteem siswa, (4) kontribusi social comparison dan self acceptance terhadap self esteem siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 619 siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang berasal dari kelas X, XI, XII. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapat jumlah sampel 251 siswa. Instrumen penelitian menggunakan (1) Instrumen self esteem (2) Instrumen self acceptance and (3) Instrumen social comparison. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana dan ganda dengan bantuan program SPSS Versi 20.0. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) social comparison siswa pada umumnya berada pada kategori tinggi, tingkat self acceptance siswa pada umumnya berada pada kategori sedang, dan self esteem pada umumnya berada pada kategori sangat rendah, (2) terdapat kontribusi social comparison terhadap self esteem (3) terdapat kontribusi self acceptance terhadap self esteem (4) terdapat kontribusi secara bersama-sama social comparison dan self acceptance terhadap self esteem. Implikasi hasil penelitian ini adalah diperlukan upaya dari konselor sekolah untuk membuat program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan self esteem siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SOCIAL COMPARISON, SELF ACCEPTANCE, SELF ESTEEM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:52
Last Modified: 07 Nov 2022 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40896

Actions (login required)

View Item View Item