Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Riview Horay(Crh) Di Kelas IV Sdn 21 Batang Anai Kab. Padang Pariaman

Sari, Surtika (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Riview Horay(Crh) Di Kelas IV Sdn 21 Batang Anai Kab. Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_SURTIKA_SARI_17129269_1184_2022.pdf

Download (694kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran tematik, guru belum mampu mengembangkan model pembelajaran yang cocok, guru belum memberi rangsangan kepada peserta didik tentang materi pelajaran yang akan dipelajari,dan guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengolah data atau informasi yang diperoleh. Hal ini disebabkan oleh guru dalam pembelajaran hanya fokus terhadap buku siswa dan menerangkan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalahmendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Course Review Horay pada pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN 21 Batang Anai Kah.Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil pengamatan perencanan dan pelaksanaan menggunakan model Course review Horay. Teknik pengumpulan data berupa dokumen analisis, observasi serta tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik kelas IV SDN 21Batang Anai Kah.Padang Pariaman yang berjumlah 32 orang Hasil penelitian ini yaitu :persentase pengamatan RPP siklus I, 78% meningkat pada siklus II, 95%. Hasil pengamatan aspek guru siklus I,78,75%meningkat pada siklus II, 92,5%. Hasil pengamatan peserta didik siklus I, 81,25% meningkat pada sikus II, 92,5%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I, 67,18% (C) meningkat pada siklus II 92,4% (SB). Dapat disimpulkan bahwa, model Course review Horay dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN 21 Batang Anai Kah.Padang Pariaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:52
Last Modified: 03 Nov 2022 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40860

Actions (login required)

View Item View Item