Pengembangan Media Video Animasi pada Terna "Menjelajah Ruang Angkasa" Kelas VI Sekolah Dasar

Winanda, Wina (2022) Pengembangan Media Video Animasi pada Terna "Menjelajah Ruang Angkasa" Kelas VI Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_WINA_WINANDA_17004041_2070_2022.pdf

Download (659kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal menunjukkan bahwa terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan indikator pembelajaran sehingga siswa butuh variasi sumber belajar pada masa pandemi covid19. Media video animasi dapat melibatkan peserta didik secara interaktif sehingga dapat menjadikan proses pembelajaran lebih konkret atau nyata, menarik dan efektif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media video animasi berupa CD/DVD yang valid dan praktis sesuai kriteria kelayakan materi dan media pada tema 9 "Menjelajah Ruang Angkasa" di kelas VI SD Negeri 05 Pasar Baru. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu Research adn Development (R&D) dengan menggunakan model Borg adn Gall. Tahapan pengembangan yang dilaksanakan yaitu tahap perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk, uji coba kelayakan media, dan produk akhir. Produk hasil dinilai o leh 2 orang validator media, 2 orang validator materi serta dilakukan uji praktikalitas produk kepada 26 orang siswa kelas VI SD Negeri 05 Pasar Baru. Berdasarkan hasil penilaian angket oleh ahli media dikategorikan "Sangat Valid" memperoleh rata-rata sebesar 4,90 dengan persentase 96% dari ahli media 1 dan rata-rata 4,95 dengan persentase 99% dari ahli media 2. Sedangkan hasil penilaian validator materi dikategorikan "Sangat Valid" memperoleh rata-rata 4,62 dengan persentase 91 % dari validator materi 1 dan rata-rata 4,77 dengan persentase 95% dari validator materi 2. Serta hasil uji praktikalitas pada media video animasi dikategorikan "Sangat Praktis" memperoleh rata-rata 4,74 dengan persentase 95%. Maka dapat disimpulkan bahwa Media Video Animasi pada Terna 9 "Menjelajah Ruang Angkasa" kelas VI Sekolah Dasar sudah sangat valid dan sangat praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:17
Last Modified: 02 Nov 2022 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40808

Actions (login required)

View Item View Item