Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Quiz Team Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP N 1 Lubuk Basung

Rani, Rani (2022) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Quiz Team Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP N 1 Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RANI_17004146_1753_2022.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan terhadap proses pembelajaran di SMP N 1 Lubuk Basung, terlihat bahwa strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat atau kurang efektif saat proses pembelajaran di kelas. Guru terlalu banyak mengambil waktu pembelajaran dalam menjelaskan materi. Kurangnya partisipasi aktif siswa dalam bertanya dan menanggapi pertanyaan saat kegiatan belajar. Media yang digunakan guru hanya powerpoint berbentuk tulisan tanpa ada suara dan gambar. Hasil belajar siswa masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 78. Untuk mencoba hal tersebut, peneliti melaksanakan penelitiannya tentang pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team berbantuan video terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas VII di SMP N 1 Lubuk Basung. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Lubuk Basung terdiri atas 7 kelas yang berjumlah 201 orang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik Purposive Sampling. Kelas VII.5 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas VII. 7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, alat pengumpul data menggunakan lembar tes dan lembaran jawaban siswa. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sumber data berasal dari nilai siswa kelas VII yang menjadi sampel. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 78,30 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 67,94. Hasil perhitungan menggunakan uji t diperoleh thitung yaitu 11,9231, sedangkan ttabel yaitu df (N1 - 1) + (N2 - 1) = 54 pada taraf signifikan a 0,05 didapat harga ttabel 2,000, dengan demikian thitung > ttabel yaitu 11,9231 > 2,000. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team berbantuan video terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas VII di SMP N 1 Lubuk Basung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:17
Last Modified: 02 Nov 2022 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40804

Actions (login required)

View Item View Item