Pengembangan Aplikasi AAnCer Berbasis Android Bagi Anak Tunagrahita Sedang dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ekspresif (Research & Development)

Sarrah, Yuni Aulya (2022) Pengembangan Aplikasi AAnCer Berbasis Android Bagi Anak Tunagrahita Sedang dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ekspresif (Research & Development). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_YUNI_AULIA_SARRAH_17003111_1050_2022.pdf

Download (687kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi keterlambatan perkembangan bahasa dan bicara peserta didik tunagrahita sedang yang berada di SLBN MADINA yang mempengaruhi kemampuan komunikasinya. Penelitian rm bertujuan meningkatkan komunikasi anak tunagrahita sedang, yang dibatasi pada komunikasi ekspresif dalam melatih kemampuan bahasa terhadap kemampuan bicara (untuk meningkatkan pemahaman dan perbendaharaan kata), karena sebatas kata dapat mempengaruhi bicara. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D), dengan desain 4-D berdasarkan teori Thiagarajan, dkk (1974) yang dimodifikasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini yakni, subjek uji validasi terdiri dari 3 orang ahli untuk menguji kelayakan aplikasi, dan subjek uji kepraktisan (respon) 3 guru yang memegang kelas tunagrahita, 3 orang tua peserta didik tunagrahita sedang, serta 3 peserta didik tunagrahita sedang untuk menguji kepraktisan aplikasi. Alat pengumpulan data menggunakan angket berupa instrument yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan perhitungan mean hipotetik. Hasil analisis data dalam penelitian ini didapati uji validasi oleh 3 ahli didapatkan nilai 73,3 dengan kriteria "tinggi". Uji kepraktisan (respon) 3 guru didapatkan nilai 93,7 dengan kriteria "tinggi", oleh 3 orang tua didapatkan nilai 80,3 dengan kriteria "tinggi", serta 3 peserta didik didapatkan nilai 3 8,3 dengan kriteria "tinggi". Artinya mendapatkan respon positif dari validator, guru, orang tua dan peserta didik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa aplikasi Aku Anak Cerdas (AAnCer) berbasis android layak dan praktis digunakan oleh orang tua dan guru sebagai media pembelajaran bagi peserta didik tunagrahita sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:01
Last Modified: 02 Nov 2022 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40798

Actions (login required)

View Item View Item