Efektivitas Teknik Pounding dalam Pembuatan Ecoprint untuk Keterampilan Memberi Motif Kain bagi Anak Tunagrahita Ringan

Marnengsih, Yossi (2022) Efektivitas Teknik Pounding dalam Pembuatan Ecoprint untuk Keterampilan Memberi Motif Kain bagi Anak Tunagrahita Ringan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_YOSSI_MARNENGSIH_18003050_2323_2022.pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan seorang anak tunagrahita ringan kelas IX yang belum menguasai keterampilan vokasional secara khusus. Oleh karena itu, anak perlu diajarkan suatu keterampilan yang dapat menjadi bekal anak untuk bekerja setelah lulus dari sekolah. Peneliti memilih keterampilan memberi motif kain dengan menggunakan teknik pounding melalui pembuatan ecoprint karena alat maupun bahan yang diperlukan dalam memberi motif kain tersebut banyak tersedia dan mudah untuk didapatkan di lingkungan sekitar. Selain itu, proses pembuatannya juga sederhana sehingga cocok untuk diajarkan kepada anak tunagrahita ringan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan efektivitas teknik pounding melalui pembuatan ecoprint untuk keterampilan memberi motif kain bagi anak tunagrahita ringan kelas IX/C di SLB Citra Bangsa Kabupaten Lima Puluh Kota. J enis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Pada kondisi baseline (Al) dilaksanakan pengamatan sebanyak 3 kali pertemuan, kondisi intervensi (B) sebanyak 8 kali pertemuan, dan kondisi baseline (A2) sebanyak 6 kali pertemuan. Pengamatan data dilakukan dengan teknik observasi langsung dan tes perbuatan dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa instrumen tes perbuatan dalam bentuk daftar ceklist. Kemudian data dianalisis dengan teknik analisis visual grafik. Dari pengamatan yang dilakukan, pada kondisi baseline (Al) diperoleh hasil 41 %, 41 %, 41. Pada kondisi intervensi (B) diperoleh hasil 55%, 59%, 68%, 82%, 77%, 86%, 86%, 86%. Sedangkan pada kondisi baseline (A2) diperoleh hasil 73%%, 82%, 82%, 86%, 86%, 86%. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menyatakan bahwa teknik pounding melalui pembuatan ecoprint efektif digunakan dalam pembelajaran memberi motif kain bagi anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:45
Last Modified: 02 Nov 2022 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40797

Actions (login required)

View Item View Item