Efektifitas Pendekatan Metode Pembelajaran Langsung Cara Memakai Sepatu bertali Pada Anak Tunagrahita Sedang

Silalahi, Jhon Roy (2022) Efektifitas Pendekatan Metode Pembelajaran Langsung Cara Memakai Sepatu bertali Pada Anak Tunagrahita Sedang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_JHON_ROY_SILALAHI_Jhon Roy Silalahi.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi adanya permasalahan dalam cara memakai sepatu bertali, yang ditemukan pada seorang siswa kelas III di SLB Lubuk Kilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan keterampilan memakai sepatu bertali. Metode penelitian ini menggunakan pembelajaran langsung dalam bentuk eksperimen dengan model (Single Subject Reaserch) yang terfokus pada data individu sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel adalah desain A-B-A dari perilaku anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes keterampilan memakai sepatu bertali pada anak, dengan jumlah item 13 yang berkenaan dengan langkah-langkah tata cara memakai sepatu bertali yang benar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis antar kondisi dan analisis dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan kondisi baseline awal anak hanya melakukan 3 item yang benar dari 13 item yang ada dengan mean 23%, intervensi dengan delapan kali pertemuan, anak dapat melakukan 10 item yang benar dengan mean 81 %, kondisi baseline akhir dengan lima kali pertemuan, anak dapat melakukan 11 item yang benar dengan mean 85%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kesalahan dalam keterampilan memakai sepatu bertali pada anak tunagrahita sedang kelas III di SLB Lubuk Kilangan, masih ditemukan dalam beberapa aspek tata cara memakai sepatu bertali yang baik dan benar. Disarankan kepada guru agar lebih meningkatkan keterampilan memakai sepatu bertali pada anak tunagrahita sedang dengan menggunakan metode pembelaj aran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:44
Last Modified: 02 Nov 2022 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40791

Actions (login required)

View Item View Item