Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan KeterampilanMembuat Bros Bunga dari Resleting bagi Anak Tunarungu Kelas VIII di SLBN 1 Linggo Sari Baganti

Dianestuti, Ilda (2022) Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan KeterampilanMembuat Bros Bunga dari Resleting bagi Anak Tunarungu Kelas VIII di SLBN 1 Linggo Sari Baganti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_ILDA_DIANESTUTI_16003020_853_2022.pdf

Download (647kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan, dilapangan terdapat sebanyak lima orang anak tunarungu dikelas VIII di SLBN 1 Linggo Sari Baganti. Pada saat melakukan pengamatan keterampilan yang diberikan tidak terlalu inovatiĀ£ Kemudian metode pembelajaran menuntut anak untuk memahami konsep secara utuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan efektivitas metode demonstrasi dalam mengkatkan keterampilan membuat bros bunga dari resleting bagi anak tunarungu kelas VIII di SLBN 1Linggo Sari Baganti. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan design pre-eksperimen dengan jenis one group pretest-postest design. Pada penelitian ini terdapat beberapa tahapan yaitu tahapan pertama adalah tes awal (pretest) untuk mengetahui skor anak sebelum diberikan perlakuan awal tahap ke dua (treatment) memberikan perlakuan sebanyak lima kali, dan tahap ke tiga adalah ters terakhir (postest) untuk mengetahui pengaruh dari perlakuan yang telah diberikan. Data ini peneliti olah berdasarkan analisis data menggunakan rumus uji Wilcoxon signed rank. Berdasarkan hasil uji wilcoxon rank test antara pretest dan post-test menunjukan bahwa nilai yang dihasilkan Zhitung = -2.032 dengan probabilitas atau Asymp Sig (2-tailed) = 0,43. Nilai probabilitas yang diperoleh dari uji analisis kemudian dibandingkan dengan probabilitas yang telah ditetapkan yaitu a = 0.05, sehingga probabilitas kurang dari probabilitas yang telah ditetapkan (0.43 < 0.05). Maka dapat dikatakan bahwa metode demonstrasi efektif untuk meningkatkan keterampilan membuat bros bunga dari resleting bagi anak tunarungu kelas VIII di SLBN 1 Linggo Sari Baganti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:44
Last Modified: 02 Nov 2022 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40789

Actions (login required)

View Item View Item