Peningkatan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas IV SDN 01 Tanjung Haro Lima Puluh Kota

Riska, Yulianda (2022) Peningkatan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas IV SDN 01 Tanjung Haro Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Yulianda_Riska_17129104_4819_2022.pdf

Download (662kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dan dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan RPP sebagai patokan dalam mengajar, kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, belum diterapkan model pembelajaran yang inovatif serta peserta didik dalam kegiatan berkelompok tidak diawasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan jumlah 20 orang peserta didik. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan model kooperatif tipe make a match. Teknik yang digunakan adalah observasi, tes, dan non tes yang diamati adalah RPP, aspek guru dan aspek peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a)RPP siklus I diperoleh rata-rata 78,75% dengan kualifikasi baik (B), dan siklus II diperoleh rata-rata 95% dengan kualifikasi sangat baik (SB). b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 81,24% kualifikasi baik (B), dan siklus II diperoleh rata-rata 96,8% kualifikasi sangat baik (SB). c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 77,8%, dan siklus II dengan rata-rata 87%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:12
Last Modified: 01 Nov 2022 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40768

Actions (login required)

View Item View Item