Reading Literacy of Authentic Assessment to Promote Critical, Argumentative and Higher-Order Thinking Skills in Junior High Schools in Padang

Sani, Fitri Hidayati (2022) Reading Literacy of Authentic Assessment to Promote Critical, Argumentative and Higher-Order Thinking Skills in Junior High Schools in Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_FITRI_HIDAYATI_SANI_17018127_2705_2022.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Perubahan paradigma pada sistem pembelajaran dan proses pendidikan abad 21 yang berbasis pada kurikulum 2013 menyebabkan perubahan standar penilaian di Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan akan perubahan tersebut, literasi membaca menjadi kajian penting dalam mengukur kemampuan berbahasa siswa. Literasi membaca tidak hanya mengukur kemampuan berbahasa saja tetapi juga pengetahuan linguistik seperti kemampuan berpikir kritis dan argumentatif serta berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pertanyaan- pertanyaan yang digunakan oleh guru dalam penilaian bahasa Inggris siswa di Kelas IX SMP di Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan dengan cara mengamati dan menganalisa dokumen yang berisi pertanyaan literasi yang digunakan oleh guru dalam penilaian literasi membaca siswa. Subjek penelitian ini adalah 5 guru dari 2 sekolah terpilih. Teknik pengumpulan data adalah menganalisis semua dokumen yang berisi soal-soal literasi membaca yang diberikan guru untuk menilai kemampuan siswa, transkripsi semua interaksi yang terjadi di kelas dan kuesioner. Dari semua pertanyaan, ditemukan bahwa jenis pertanyaan yang umum diajukan oleh guru selama kegiatan kelas adalah mengingat (C1) dengan jumlah 141 pertanyaan dari 340 total pertanyaan. Kemudian, level soal yang jarang ditanyakan adalah Evaluating (C5) sebanyak 10 soal dari total 340 soal dan Creating (C6) sebanyak 3 soal dari total soal. Jadi, berarti 84% dari total pertanyaan dalam pertanyaan kategori Berpikir Tingkat Rendah, yang ditemukan sebagai tingkat pertanyaan yang biasa diajukan oleh guru dalam penilaian literasi membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:22
Last Modified: 01 Nov 2022 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40753

Actions (login required)

View Item View Item