Meningkatkan Kemampuan Memahami Waktu melalui Media Jam Analog bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas V/C di SLB Bina Bangsa Padang

Wulandari, Nurul Lathifa (2022) Meningkatkan Kemampuan Memahami Waktu melalui Media Jam Analog bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas V/C di SLB Bina Bangsa Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_NURUL_LATHIFA_WULANDARI_18003047_2885_2022.pdf

Download (837kB) | Preview

Abstract

Waktu merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu, pembelajaran mengenai konsep pengukuran waktu harus diajarkan kepada setiap anak sejak dini. Namun tidak semua anak dapat dengan mudah untuk memahami konsep pengukuran waktu tersebut, salah satunya anak tunagrahita ringan. Anak tunagrahita ringan merupakan anak yang memiliki tingkat kecerdasan di bawah anak rata-rata. Pembelajaran memahami waktu bagi anak tunagrahita ringan kelas VI C meliputi memahami waktu tepat dan memahami waktu lebih untuk hitungan menit pada jarum jam yang terdiri dari 4 aspek, yaitu: membaca tanda waktu, menuliskan tanda waktu, menunjukkan tanda waktu sesuai instruksi, dan membuat gambar jarum panjang dan jarum pendek sesuai waktu yang diminta. Berdasarkan studi pendahuluan, terdapat seorang anak tunagrahita ringan kelas V/C yang belum memiliki kemampuan memahami waktu lebih untuk hitungan menit dengan baik. Oleh karena itu, penulis berusaha untuk mencarikan solusi terhadap permasalahan tersebut, yaitu dengan menggunakan media jam analog. Jadi permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah kemampuan memahami waktu lebih untuk hitungan menit pada jarum jam bagi anak tunagrahita ringan kelas VI C di SLB Bina Bangsa Padang dapat meningkat dengan menggunakan media jam analog?" Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang anak tunagrahita ringan kelas V/C di SLB Bina Bangsa Padang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret - April 2022. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes sebanyak 20 soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data secara visual dengan memaparkan grafik data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memahami waktu anak tunagrahita ringan kelas V/C meningkat setelah menggunakan media jam analog. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam memahami waktu dari kondisi baseline pertama ke kondisi setelah diberikan intervensi. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami waktu anak tunagrahita ringan kelas V/C meningkat menggunakan media jam analog.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:58
Last Modified: 27 Oct 2022 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40692

Actions (login required)

View Item View Item