Pengaruh Pendekatan Kelompok dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an pada Santri di TPA Musala Jirek Kec. Padang Ganting Kab. Tanah Datar

Fauzia, Rahmatul (2022) Pengaruh Pendekatan Kelompok dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an pada Santri di TPA Musala Jirek Kec. Padang Ganting Kab. Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_RAHMATUL_FAUZIA_16005025_2675_2022.pdf

Download (683kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan membaca Al-Qur'an pada santri di TPA Musala Jirek, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya karena Pendekatan pembelajaran yang dipakai kurang menarik. Metode mengajar dari ustaz kurang tepat untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qu'an pada santri. Pemilihan pendekatan pembelajaran menjadi salah satu untuk mencapai tujuan pembelajaran terutama dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an khususnya pada pendekatan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendekatan kelompok dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur' an pada Santri di TPA Musala Jirek Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu santri di TPA Musala Jirek sebanyak 16 orang dengan sampel penelitian 16 orang anak diambil dengan teknik purposive sampling dan analisis data menggunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan pretest kemampuan membaca Al-Qur'an santri dikategorikan rendah, namun sesudah diberikan tindakan posttest kemampuan membaca Al-Qur'an pada santri dikategorikan tinggi atau mengalami kenaikan. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh pendekatan kelompok dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur' an pada santri di TPA Musala Jirek Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. Disarankan kepada ustaz untuk menggunakan pendekatan kelompok dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada santri. Masyarakat juga dapat menggunakan pendekatan kelompok dalam meningkatkan hasil belajar membaca Al-Qur'an dengan benar dan dapat dijadikan jalan keluar agar pembelajaran Al-Qur'an yang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:58
Last Modified: 27 Oct 2022 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40689

Actions (login required)

View Item View Item