Pengembangan Multimedia lnteraktif pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Macromedia Flash di Kelas IV Sekolah Dasar

Roza, Nurul Alyaa (2022) Pengembangan Multimedia lnteraktif pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Macromedia Flash di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NURUL_ALYAA_ROZA_18129028_3815_2022.pdf

Download (877kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media yang interaktif, menarik dan menyenangkan bagi peserta didik khususnya pada media berbasis teknologi serta pada saat proses pembelajaran peserta didik belum terlibat aktif dan kurang dilibatkan dalam proses penggunaan media. Belum dikembangkannya media pembelajaran berbasis teknologi karena guru hanya berpedoman pada buku tema, buku MRT, dan buku penunjang lainnya sebagai sumber sekaligus media pembelajaran, sesekali guru menayangkan video dari youtube. Maka karena itu permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah, "Bagaimana Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Macromedia Flash Di Kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis?". Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif menggunakan Macromedia Flash pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakuakan ini adalah Research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan tahapan Analisis (Analyze)), tahap Desain (Design), tahap Pengembangan (Development), tahap Implementasi (Implementation) dan tahap Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SDN Percobaan Kota Padang. Media yang telah dirancang divalidasi terlebih dahulu oleh validator kemudian diujicobakan ke SDN Percobaan Kota Padang untuk mengetahui praktikalitas dari media yang dikembangkan. Hasil penelitian yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas media pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu dengan jumlah keseluruhan nilai validasi 86,4% dalam kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji coba praktikalitas media pembelajaran berupa multimedia interaktif mengunakan Macromedia Flash pada pembelajaran tematik terpadu dinyatakan sangat praktis. Hal ini dapat dilihat dari respon guru dan respon peserta didik. Dimana angket respon guru memperoleh nilai 95% dalam kategori sangat praktis dan 15 angket respon peserta didik memproleh nilai 94, 1 % dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, maka pengembangan media pembelajaran berupa multimedia interaktif menggunakan Macromedia Flash pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar sangat valid dan sangat praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:58
Last Modified: 27 Oct 2022 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40687

Actions (login required)

View Item View Item