Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Literal Melalui Strategi Pembelajaran Think-Tac-Toe pada Siswa dengan Disleksia

Nabilla, Ihsa (2022) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Literal Melalui Strategi Pembelajaran Think-Tac-Toe pada Siswa dengan Disleksia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_IHSA_NABILLA_18003065_4731_2022.pdf

Download (574kB) | Preview

Abstract

Siswa disleksia umumnya mengalami masalah terkait kemampuan membaca pemahaman, salah satunya adalah kemampuam membaca pemahaman literal. Berdasarkan hasil asesmen, salah satu siswa disleksia di sekolah inklusi memiliki kemampuan membaca pemahaman literal yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas strategi think-tac-toe dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal siswa dengan disleksia. Pemilihan subjek dilakukan dengan alat identifikasi anak berkebutuhan khusus dan asesmen kemampuan membaca pemahaman literal. Menggunakan desain penelitian subjek tunggal tipe reversal design A-B-A. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengamati kemampuan membaca pemahaman literal siswa selama proses pembelajaran. Tes lisan dilakukan dengan meminta anak menyebutkan jawaban dari pertanyaan dan tes perbuatan dilakukan dengan meminta anak untuk membaca teks dan menuliskan jawaban di lembar kerja yang diberikan. Data dianalisis menggunakan analisis grafik visual yang terdiri dari analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman literal setelah diterapkan strategi pembelajaran think-tac-toe. Disarankan kepada guru agar strategi pembelajaran think-tac-toe dijadikan sebagai model strategi barn yang digunakan untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Oct 2022 01:57
Last Modified: 26 Oct 2022 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40634

Actions (login required)

View Item View Item