Students’ Learning Strategies in Learning Speaking and Teachers’ Choice on Platforms and Learning Media in Blended Learning

Berliana, Winny (2022) Students’ Learning Strategies in Learning Speaking and Teachers’ Choice on Platforms and Learning Media in Blended Learning. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_WINNY_BERLIANA_20178036_3289_2022.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi belajar siswa, platform dan media pembelajaran yang digunakan guru dan siswa, serta apakah strategi pembelajaran siswa sesuai dengan pilihan guru dan siswa pada platform dan media pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan berbicara pada pembelajaran bauran selama pandemi Covid-19. Partisipan dalam penelitian ini adalah 26 siswa dari kelas XI MIPA 1 dan 26 siswa dari kelas XI IPS 1, serta 3 orang guru bahasa Inggris di SMAN 5 Tebo, Jambi. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan partisipan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan data penelitian dikumpulkan melalui angket dan wawancara yang dilakukan dengan guru dan siswa terkait. Temuan menunjukkan bahwa pertama, siswa XI MIPA 1 dan XI IPS 1 menggunakan memori, kognitif, kompensasi, metakognitif, afektif, dan sosial, tetapi mereka lebih banyak menggunakan strategi metakognitif. Selain strategi metakognitif, XI MIPA 1 juga banyak menggunakan strategi sosial, dan XI IPS 1 juga banyak menggunakan strategi memori. Sebaliknya, strategi terendah di XI MIPA 1 adalah strategi kognitif, dan di XI IPS 1 adalah strategi sosial. Kedua, ada beberapa platform yaitu WhatsApp, Telegram, Facebook, Twitter, Instagram, Ruang Guru, Youtube, Zoom Google Classroom, dan E-Learning, namun platform yang paling banyak digunakan oleh para guru adalah WhatsApp dan Youtube. Demikian pula siswa juga menyukai dan menggunakan WhatsApp dan Youtube sebagai platform mereka, tetapi mereka juga menyukai dan menggunakan Instagram sebagai platform mereka. Ketiga, ada beberapa media pembelajaran yaitu aplikasi Game, Buku/E-book, Film, Podcast dan Musik/Lagu, namun media pembelajaran yang paling banyak digunakan oleh guru adalah E-book dan Musik/Lagu, dan sebenarnya selain Musik /Lagu, siswa lebih suka menggunakan Film sebagai media pembelajarannya. Keempat, penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan siswa dalam mengembangkan berbicara dalam pembelajaran bauran selama pandemi Covid-19 sesuai dengan platform dan media pembelajaran yang dipilih oleh guru dan siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:25
Last Modified: 25 Oct 2022 07:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40616

Actions (login required)

View Item View Item