Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Semester I di Kelas V Sekolah Dasar

Mairina, Vivi (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Semester I di Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_VIVI_MAIRINA_20124038_1744_2022.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari proses pembelajaran yang masih menggunakan media yang kurang efektif. Media yang digunakan terlihat tidak praktis, bersifat terbatas sehingga tidak memberikan pengalaman yang konkret pada peserta didik dan masih bersifat tradisional. Hal ini menyebabkan proses dan hasil belajar peserta didik belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang efektif digunakan pada pembelajaran semester I di Kelas V SD dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan melalui empat tahapan, yaitu design, define, develop, dan dessiminate. Data uji validitas diperoleh melalui validasi media pembelajaran, data praktikalitas diperoleh dari keterlaksanaan RPP, respon guru, dan respon peserta didik, data keefektifan dilihat dari proses dan hasil belajar peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Analisis data menggunakan skala likert dengan melihat analisis validasi, praktikalitas, dan efektivitas. Uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas V SDN 08 Sungai Rumbai dengan jumlah 21 orang siswa. Berdasarkan hasil validitas oleh validator diperoleh hasil 85% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan ujicoba diketahui bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat memberikan kemudahan bagi guru dan peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari respon guru sebesar 86,8% dengan kategori sangat praktis, dan respon peserta didik sebesar 92,6% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya, media pembelajaran berbasis multimedia interaktif telah memberikan dampak, pengaruh, dan hasil yang sangat baik dimana hal ini dapat dilihat hasil penelitian menunjukkan bahwa uji efektivitas terhadap proses belajar diperoleh hasil 83,3 % dan hasil belajar diperoleh rata-rata 81,8. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran semester I di kelas V SD sudah memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif sehingga mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:48
Last Modified: 25 Oct 2022 03:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40608

Actions (login required)

View Item View Item