Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Discovery learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP

Sri, Wahyuni (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Discovery learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SRI_WAHYUNI_20205030_3606_2022.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil studi literatur dan analisis pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Rambah Hilir, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah. Penyebabnya adalah karena kegiatan yang ada dalam perangkat pembelajaran yang digunakan belum rinci, belum memfasilitasi peserta didik untuk berlatih menyelesaikan masalah dan peserta didik belum terbiasa mengerjakan soal-soal nonrutin. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dikembangkannya perangkat pembelajaran menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan agar mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran menggunakan model discovery learning yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp, dimana terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap pendahuluan, tahap pembuatan prototype dan tahap penilaian. Perangkat yang dibuat adalah RPP dan LKPD menggunakan model discovery learning untuk kelas VIII SMP. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, angket, wawancara dan tes. Hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbentuk RPP dan LKPD menggunakan model discovery learning untuk kelas VIII SMP yang dihasilkan memenuhi kategori valid, praktis dan efektif. Kevalidan RPP mencapai 84 % dan LKPD 85,75%. Sedangkan Praktikalitas dari RPP adalah 89,75 % dan LKPD 86,44 %. Perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD yang diimplementasikan juga telah efektif dengan rata-rata persentase sebesar 85,45 % karena memberikan dampak terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan model discovery learning kelas VIII SMP materi bangun ruang sisi datar dikatakan valid, praktis dan efektif serta dapat dijadikan salah satu bahan masukan dalam proses pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:50
Last Modified: 25 Oct 2022 01:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40593

Actions (login required)

View Item View Item