Evaluasi Buku Bahasa Inggris Teknik Komputer Mahasiswa UNP Berdasarkan Kebutuhannya

Widi, Rahma (2022) Evaluasi Buku Bahasa Inggris Teknik Komputer Mahasiswa UNP Berdasarkan Kebutuhannya. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_RAHMA_WIDI_19178030_1549_2022.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Umumnya mahasiswa membutuhkan materi pembelajaran yang sesuai dan spesifik selama pembelajaran bahasa Inggris, termasuk mahasiswa jurusan teknik komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi pembelajaran Bahasa Inggris Jurusan Teknik Komputer bagi mahasiswa Universitas Negeri Padang berdasarkan kebutuhannya. Selanjutnya subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Komputer Universitas Negeri Padang. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi untuk mengetahui kebutuhan siswa dan mengevaluasi materi pembelajaran bahasa Inggris berdasarkan kebutuhan siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan checklist evaluatif untuk mengumpulkan data. Analisis kebutuhan dilakukan untuk mendapatkan materi pembelajaran bahasa Inggris yang dibutuhkan oleh siswa dan hasilnya akan menjadi kriteria untuk mengevaluasi buku yang digunakan. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa mahasiswa Teknik Komputer membutuhkan enam belas materi untuk konten bahasa; tujuh materi untuk kosakata dan enam materi untuk struktur tata bahasa, dua belas topik yang berkaitan dengan komputer, dua puluh tujuh aktivitas skilsl (speaking memiliki sembilan, listening lima, reading tiga, dan writing sepuluh) untuk mahasiswa teknik komputer. Para evaluator mengevaluasi materi pembelajaran bahasa Inggris yang digunakan oleh jurusan teknik komputer berdasarkan kebutuhan mahasiswa. Sebagai hasil penelitian, evaluasi diidentifikasi dan diklasifikasikan berdasarkan beberapa indikator. Ini terdiri dari language content (vocabulary and grammatical structure), topic, dan skills. Dengan demikian, ditemukan bahwa materi pembelajaran bahasa Inggris yang digunakan oleh mahasiswa Teknik Komputer di UNP lebih baik dalam aspek vocabulary, grammatical structure, topics, dan reaidng yang memenuhi kriteria analisis kebutuhan. Untuk ketiga aspek tersebut, handout yang digunakan tergolong sesuai dan memenuhi kriteria kebutuhan siswa. sedangkan materi yang digunakan kurang cocok adalah speaking, listening, dan writing

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:49
Last Modified: 24 Oct 2022 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40570

Actions (login required)

View Item View Item