Pengembangan Media Auditory Visual Memory (AVM) dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun PAUD Terpadu ’Aisyiyah Pasaman Barat

Tika, Rahma (2022) Pengembangan Media Auditory Visual Memory (AVM) dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun PAUD Terpadu ’Aisyiyah Pasaman Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RAHMA_TIKA_19330021_1311_2022.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang ditemukan peneliti pada riset awal. Kreativitas anak kurang berkembang secara maksimal dan kurangnya fasilitas media pembelajaran dalam mengembangkan kreativitas. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah produk berupa media AVM (Auditory Visual Memory) dalam mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE, yakni dengan analysis, design, development, implemention dan evaluation. Penelitian dilaksanakan pada kelas B2 jumlah 19 anak PAUD Terpadu ‟aisyiyah Pasaman Barat. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan angket respon guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan validasi skala likets. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media AVM pada tahap analysis diperlukan dalam mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Tahap desing, menyusun indikator, sub tema dan materi yang akan digunakan, kemudian merancang rencana pelaksanaan pembelajaran harian, pemilihan media yang digunakan dan merancang storyboard pengembangan media AVM. Tahap Development menghasilkan konten pengembangan media AVM dinyatakan valid persentase rata-rata 83,4%. Tahap Implemention, media AVM dinyatakan sangat praktis persentase dengan rata-rata 85% dan media dinyatakan efektif dengan rata-rata 90%. Tahap Evalution, hasil validasi penilaan ahli berdasarkan angket oleh ahli materi, ahli kreativitas dan ahli media dinyatakan valid, selanjutnya hasil uji praktikalitas dinyatakan sangat praktis dan efektivitas media dalam mengembangkan kreativitas anak dinyatakan sangat efektif. Kemudian berdasarkan wawancara guru media AVM dapat membantu anak mengembangkan kreativitas. Namun pada Tahap ini evaluasi sesungguhnya belum dilaksanakan karena keterbatasan waktu

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:49
Last Modified: 24 Oct 2022 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40569

Actions (login required)

View Item View Item