Panduan Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Konseling Ego dalam Pencegahan Pornografi Siswa

Sari, Cinthya Indah Permata (2022) Panduan Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Konseling Ego dalam Pencegahan Pornografi Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_CINTHYA_INDAH_PERMATA_SARI_18151057_3066_2022.pdf

Download (908kB) | Preview

Abstract

Pornografi di kalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan semakin meningkat. Layanan bimbingan kelompok dalam pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah jarang dimanfaatkan untuk pencegahan pornografi. Sebagian besar kegiatan bimbingan kelompok digunakan untuk menyelesaikan permasalahan belajar, pribadi, sosial dan karir. Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan pornografi siswa SMK di Kota Padang, (2) mendeskripsikan keterlaksanaan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling ego dalam pencegahan pornografi siswa SMK di Kota Padang, (3) mengembangkan dan menghasilkan panduan pelaksanaan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling ego yang valid, praktis, dan efektif dalam pencegahan pornografi siswa di SMK di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation And Evaluation). Subyek penelitian remaja siswa SMK dan Guru BK di Sekolah. Validitas panduan dilakukan oleh enam ahli terdiri dari tiga ahli yang terkait dengan materi panduan dan tiga ahli terkait dengan tampilan panduan, serta uji keterpakaian dilakukan oleh tiga orang Guru BK. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis kualitatif dan analisis non parametrik dengan uji statistik Koefisien Kendall's (W) dan uji Wilcoxon Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat pornografi berada pada kategori sedang, (2) pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling dalam pencegahan pornografi belum optimal, Guru BK belum menemukan solusi yang tepat dalam pencegahan pornografi dan belum memiliki panduan khusus dalam pencegahan pornografi siswa, (3) tingkat kelayakan materi/isi panduan dengan kategori layak dengan persentase 82% dan tampilan panduan berada pada kategori sangat layak dengan persentase 90,95%, serta panduan pelaksanaan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling ego dalam pencegahan pornografi siswa di sekolah praktis digunakan oleh Guru BK terlihat dari tingkat penggunaan panduan berada pada kategori sangat baik dengan persentase 90%. Adanya penurunan yang signifikan terhadap pornografi siswa setelah implementasi panduan, artinya panduan tersebut efektif digunakan oleh Guru BK sebagai bahan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling ego dalam pencegahan pornografi siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:48
Last Modified: 24 Oct 2022 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40564

Actions (login required)

View Item View Item