Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon pada Materi Penyajian Data di Kelas V Sekolah Dasar

Pebriani, Chindy (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon pada Materi Penyajian Data di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_CHINDY_PEBRIANI_18129164_3966_2022.pdf

Download (783kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemukan di Sekolah Dasar ialah kurang variatifnya media pembelajaran yang digunakan guru sehingga mengakibatkan peserta didik kurang terlalu aktif dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan guru ialah media konvensional berupa buku paket dan alat peraga yang tersedia di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Powtoon pada materi penyajian data di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model Pengembangan ADDIE terdiri atas lima tahapan yakni analysis (analisis), design (rancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Data dari penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar validasi, angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi materi, validasi Bahasa, dan validasi materi. Angket respon terdiri atas angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek penelitian ini ialah pada dua sekolah di gugus II Kecamatan Pauh yaitu SDN 15 Ulu Gadut yang terdiri dari 11 peserta didik dengan 8 orang perempuan dan 3 orang laki- laki. Selanjutnya SDN 17 Jawa Gadut yang terdiri atas 23 orang peserta didik dengan 11 orang perempuan dan 12 orang laki- laki. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan Powtoon yang dikembangkan memperoleh hasil validasi dari tiga validator yaitu aspek materi dengan presentase 95%, aspek Bahasa dengan presentase 90%, dan aspek media dengan presentase 94% sehingga memperoleh nilai rata- rata 93% dengan kategori valid. Hasil angket respon di sekolah menunjukkan bahwa media pembelajaran sudah sangat praktis dengan hasil angket respon guru dengan presentase 93% dan angket respon siswa dengan presentase 97,35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Powtoon pada materi penyajian data di kelas V Sekolah Dasar telah dinyatakan valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelaj aran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:48
Last Modified: 24 Oct 2022 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40560

Actions (login required)

View Item View Item