Persepsi Pengunjung Tentang Sapta Pesona di Objek Wisata Taman Pantai Berkas Kota Bengkulu

Putra, Dandi Radensyah (2022) Persepsi Pengunjung Tentang Sapta Pesona di Objek Wisata Taman Pantai Berkas Kota Bengkulu. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
A_04_DANDI_RADENSYAH_PUTRA_18135363_3239_2022.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena ditemukannya masalah yang berkaitan dengan sapta pesona pada saat melakukan penelitian seperti kurangnya ketertiban tempat parkir sehingga memakan badan jalan dan menggangu pengendara lain, tidak terjaganya kebersihan karena kurangnya kesadaran pengunjung, kurangnya perawatan untuk fasilitas permainan kolam bebek anak�anak, kurangnya perawatan untuk saluran air sehingga menyebabkan air tidak mengalir dan berbau, tidak terlaksananya ketertiban pedagang kaki, tidak ada pedagang yang menjual souvenir atau makanan khas dan buruknya ulasan wisatawan atau pengunjung di Objek Wisata Taman Pantai berkas Kota bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengunjung tentang sapta pesona di Ojek Wisata Taman Pantai Berkas Kota Bengkulu yang dilihat dari tujuh indikator yaitu; (1) Aman, (2) Tertib, (3) Bersih, (4) Sejuk, (5) Indah, (6) Ramah, dan (7) Kenangan. Populasi penelitian ini adalah pengunjung yang data ke Objek Wisata Taman Pantai Berkas Kota Bengkulu sebanyak 4313 di, dari jumlah kunjungan tersebut didapatkan 366 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Pengujian analisis menggunakan tabulasi data dan mengukur tingkat capaian responden (TCR) dengan bantuan SPSS versi 25.00.Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa persepsi pengunjung tentang sapta pesona di Objek Wisata Taman Pantai Berkas Kota Bengkulu dikatogorikan cukup baik memiliki persentase 76,43%. Sedangkan masing masing indikator yaitu: (1) Aman memiliki katogori cukup baik dengan persentase 74,24%, (2) Tertib memiliki katogori cukup baik dengan persentase 76,19%, (3) Bersih memiliki katogori cukup baik dengan persentase 73,31%, (4) Sejuk memiliki katogori cukup baik dengan persentase 75,25%, (5) Indah memiliki katogori cukup baik dengan persentase 77,34, (6) Ramah memiliki katgori cukup baik dengan persentase 79,21% dan (7) Kenangan memiliki katogori cukup baik dengan persentase 79,21%. Jadi dapat disimpulkan bahwa sapta pesona di objek wisata Taman Pantai Berkas Kota Bengkulu secara keseluruhan belum terlaksana secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pengunjung, Sapta Pesona, Taman Pantai Berkas
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:21
Last Modified: 24 Oct 2022 01:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40524

Actions (login required)

View Item View Item