Pengembangan Model Production-Based Learning berbasis E-Commerce pada Mata Kuliah Technopreneurship

Cik, Idi Jang (2022) Pengembangan Model Production-Based Learning berbasis E-Commerce pada Mata Kuliah Technopreneurship. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_IDI_JANG_CIK_17193044_3274_2022.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Ditengah wabah pandemi covid-19 yang melanda dunia, manusia seakan dipaksa untuk melakukan perubahan prilaku, mulai dari prilaku belajar, prilaku berbelanja, prilaku bersilaturahmi bahkan prilaku dalam pemenuhan kebutuhan pokok atau makan. Pola dan prilaku tersebut linier dengan anjuran pemerintah yakni pembatasan berkelompok dan menjaga jarak. Dari sisi pembelajaran, berbagai aturan dilakukan pengkajian dan penerapan, dari yang mengkombinasi daring dan luring sampai yang pola full online. Menyikapi disrupsi teknologi yang masif saat ini, mahasiswa harus disiapkan untuk menjadi technopreneur. Model pembelajaran yang peneliti kembangkan pada penelitian ini adalah model pembelajaran production-based learning berbasis e-commerce pada mata kuliah technopreneurhip. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Adapaun Sintak yang dipakai dalam pengembangan model pembelajaran production-based learning adalah: 1) Analisis kurikulum dan karakteristik peserta didik, 2) Identifikasi dan analisis produk, 3) Membuat pertanyaan penting tentang produk, 4) Pemetaan pertanyaan, 5) Analisis peralatan dan bahan yang dibutuhkan produk yang akan dibuat, 6) Membuat rencana bisnis, 7) Proses pembuatan produk, 8) Operasional yang meliputi promosi dan pemasaran, 9) Evaluasi sumatif. Uji dan analisa dalam penelitian ini digunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan masing-masing 50 mahasiswa, sedangkan untuk menguji validitas, digunakan kuesioner oleh 5 orang pakar (Expert). Dari tahapan�tahapan penelitian yang dilakukan dihasilkan nilai validitas sebesar 0,816 dengan kategori valid, untuk uji efektivitas mendapatkan hasil 94,11 pada kelas eksperimen dan 82,73 pada kelas kontrol, dan Praktikalitas sebesar 89,33 kategori sangat praktis. Sehingga dapat dikatakan bahwa model pengembangan production-based learning memiliki nilai validitas, efektivitas dan praktikalis yang memenuhi syarat, sehingga layak diterapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:21
Last Modified: 24 Oct 2022 01:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40517

Actions (login required)

View Item View Item