Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Herlina, Feni (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FENI_HERLINA_19124015_4025_2022.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Statistika menjadi materi yang cukup sulit bagi peserta didik. Pembelajaran statistika di Sekolah Dasar cenderung disajikan secara konvensional, sehingga peserta didik tidak memahami konsep Pengumpulan dan Penyajian data dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Perangkat Pembelajaran topik statistika berbasis RME untuk memberi pemahaman tentang pengumpulan, penyajian dan pengolahan data serta mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research approach) tipe Nieven yang terdiri dari tiga fase yaitu Preliminary Research (Tahap investigasi awal), Development or Prototype Phase (Tahap Pembuatan Prototype), dan assessment phase. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 18 dan 01 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan LKPD dan RPP topik statistika berbasis pendekatan RME yang dikembangkan dalam bentuk alur belajar yang memuat tujuan pembelajaran, aktivitas yang diimplementasikan melalui RPP dan LKPD. Dari penelitian ini telah dihasilkan LKPD dan RPP yang valid sesuai dengan prinsip dan karakteristik RME, praktis dengan kriteria sangat praktis yaitu dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan dan efektif berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Desain ini memuat hasil berupa LKPD dan RPP untuk topik statistika yaitu: pengumpulan data, membaca dan mengurutkan data, penyajian data dan pengolahan data

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:29
Last Modified: 21 Oct 2022 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40501

Actions (login required)

View Item View Item