Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Mengggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V UPTD SD Negeri 01 Koto Tangah Simalanggang Kabupaten Lima Puluh Kota

Aulia, Anggun (2022) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Mengggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V UPTD SD Negeri 01 Koto Tangah Simalanggang Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ANGGUN_AULI_17129450_3545_2022.pdf

Download (854kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dan siswa tidak terbiasa belajar secara berkelompok sehingga apabila ada diberikan permasalahan atau ada materi yang kurang dipahami siswa lebih menunggu jawaban dari guru dari pada berdiskusi dengan teman kelasnya, siswa belum berani mengemukakan pendapat atau jawaban di depan kelas sehingga proses belajar mengajar tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Hal ini disebakan oleh masih minimnya pengembangan model pembelajaran inovatif yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, sehingga pada saat proses pembelajaran masih berpusat kepada guru atau teacher centered. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SDN O 1 Koto Tangah Simalanggang Kabupaten Lima Puluh Kota Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas V SDN O 1 Koto Tangah Simalanggang berjumlah 22 orang. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada hasil pengamatan RPP siklus I pertemuan I adalah 86, 1 (B) dan pada pertemuan II 86,1 (B), meningkat pada siklus II menjadi 97,5 (SB). Hasil pengamatan aspek guru siklus I pertemuan I adalah 84,37 (B) dan pertemuan II 87,5 (B), meningkat pada siklus II menjadi 96,8 (SB). Sedangkan aspek peserta didik siklus I pertemuan I adalah 87,5 (B) dan pertemuan II 93,75 (SB), meningkat pada siklus II menjadi 96,8 (SB). Pada hasil belajar peserta didik siklus I pertemuan II yaitu 65,0l(C) dan 80,29 (B), meningkat pada siklus II menjadi 87,27 (SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:28
Last Modified: 21 Oct 2022 01:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40496

Actions (login required)

View Item View Item