Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 23 Guguak Randah Kabupaten Agam

Putri, Anita Dara (2022) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 23 Guguak Randah Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_anita_dara_putri_18129049_3769_2022.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, disebabkan guru terlihat belum melaksanakan pembelajaran tematik terpadu, kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru,sehingga pada saat kegiatan pembelajaran siswa terlihat kurang semangat, dab siswa kurang bekerjasama dalam berdiskusi. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan penerapan model Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 23 Guguak Randah Kabupaten Agam Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan a) RPP pada siklus I dengan rata-rata nilai adalah 8 3, 3 3 % (Baik), nilai meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (Sangat Baik). b) Penilaian pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I dengan rata-rata nilai 7 9, 6 8 % (Cukup), nilai meningkat pada siklus II menjadi 96,87% (Sangat Baik), c) Aspek siswa siklus I dengan rata-rata nilai 78,12% (Cukup), nilai meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (Sangat Baik), d) Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 73,99, nilai meningkat pada siklus II menjadi 83,60. Dengan demikian model Kooperatif Tipe Number Head Together telah dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 23 Guguak Randah Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:28
Last Modified: 21 Oct 2022 01:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40495

Actions (login required)

View Item View Item