Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif peserta Didik

Haspen, Cici Dwi Tisa (2022) Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif peserta Didik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_CICI_DWI_TISA_HASPEN_18175006_5420_2022.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif peserta didik di SMA masih sangat rendah. Hal tersebut diakibatkan salah satunya oleh penggunakaan bahan ajar yang belum optimal. Bahan ajar yang digunakan masih menggunaka modul cetak dan belum memuat langkah-langkah model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatifnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul fisika berbasis inkuiri terbimbing treintegrasi etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE dimulai dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasu, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi angket studi penelitian, angket validasi, angket praktikalitas, dan tes terulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah enggunakan rumus Aiken’s V, untuk praktikalitas menggunakan deskriptif persentase sedangkan untuk efektifitas menggunakan rumus N-Gain. . Hasil tahap analisis kebutuhan menunjukkan perlu dilakukan pengembangan e-modul berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Etnosains. Hasil tahapan design yaitu dihasilkan draft e-modul yang yang mampu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil tahap pengembangan menunjukkan e-modul berada pada kriteria valid dengan nilai 0,83. Pada kepraktisan berdasarkan respon pendidik dan peserta didik didapatkan nilai rata-rata yaitu 89,5 dengan kategori sangat praktis dan 79 dengan kategori praktis. Hasil tahapan implementasi memperlihatkan pencapaian kompetensi pengetahuan peserta didik yang berarti juga kemampuan kreatif peserta didik dengan nilai gain 0,47 yang berarti adanya peningkatan pada proses tersebut. Dengan demikian, dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-modul fisika berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:59
Last Modified: 20 Oct 2022 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40469

Actions (login required)

View Item View Item