Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Materi Kelas XI Semester 2

Rahmadani, Winda (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Materi Kelas XI Semester 2. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_WINDA_RAHMADANI_14205064_3019_2022.pdf

Download (997kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang dilaksanakan di sekolah, hendaknya dilaksanakan dengan melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan matematikanya. Namun kenyataannya Perangkat pembelajaran yang digunakan di sekolah masih bisa dikembangkan agar dapat membimbing peserta didik untuk memecahkan permasalahan matematika. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Discovery Learning yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Oleh sebab itu, dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning pada materi kelas XI semester 2 yang valid, praktis dan efektif Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahap preliminary research (analisis pendahuluan), prototyping phase (tahap perancangan), dan assessment phase (tahap penilaian). Data dalam penelitian ini adalah data analisis pendahuluan, data validasi, data praktikalitas, dan data efektivitas. Instrumen penelitian terdiri dari angket, lembar wawancara, lembar validasi, lembar praktikalitas, dan lembar efektivitas. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian pada tahap preliminary research yaitu dibutuhkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Discovery Learning. Hasil dari tahap perancangan (prototyping phase) yaitu hasil prototipe I divalidasi oleh pakar sehingga diperoleh kriteria sangat valid, pada tahap uji coba lapangan pada pada evaluasi satu-satu dan kelompok kecil hasil analisis lembar pratikalitas maka menghasikan prototipe II dan III dengan kriteria sangat praktis. Lebih lanjut, hasil tahap penilaian (assesment phase) adalah sangat efektif Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh perangkat pembelajaran matematika berbasis Discovery Learning dengan kriteria valid, praktis, dan efektif Dari penelitian ini telah dihasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Discovery Learning. Perangkat sudah memenuhi kriteria valid karena kegiatan pembelajaran telah sesuai dengan model Discovery Learning. Perangkat matematika berbasis discovery learning juga memenuhi kriteria praktis karena dapat digunakan pada pembelajaran dengan baik oleh guru dan peserta didik. Perangkat matematika berbasis discovery learning juga memenuhi kriteria efektif karena dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang telah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:27
Last Modified: 20 Oct 2022 01:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40463

Actions (login required)

View Item View Item