Pengembangan Instrumen Tes Two-Tier Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis IBT pada Materik Kesetimbangan Kimia untuk Siswa SMA/MA

Effendi, Zikra (2022) Pengembangan Instrumen Tes Two-Tier Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis IBT pada Materik Kesetimbangan Kimia untuk Siswa SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ZIKRA_EFFENDI_17035051_2735_2022.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Abad 21 dikenal dengan abad pendidikan menitikberatkan pada kemampuan berpikir serta komunikasi peserta didik dalam pembelajaran sains. HOTS merupakan suatu kemampuan yang dapat mentransfer, menghubungkan suatu materi dengan materi yang lainnya, memproses informasi serta menyelesaikan masalah yang didapat dari informasi tersebut dengan kreatif dan kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dan menggunakan model penelitian yang telah dikembangkan oleh treagust (1988). Teknik analisis data pada validitas konten menggunakan metode CVR dan menggunakan Aiken's V pada validitas konstruk dan divalidasi oleh 5 orang ahli yaitu 3 orang dosen kimia dan 2 orang guru kimia SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas konten instrumen tes adalah 1 dan validitas konstrak instrumen adalah 95% pada aspek materi, 94% pada aspek penyajian, 96% pada aspek bahasa, dan 98% aturan tambahan. Koefisien reliabilitas instrumen tes adalah 0,85 untuk butir pertanyaan soal (first tier) dan 0,89 untuk butir alasan soal (second tier). Hal ini menunjukkan koefisien reliabilitas instrumen tes sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:03
Last Modified: 19 Oct 2022 02:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40460

Actions (login required)

View Item View Item